MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI

 

MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI

 

1.      Menentukan atau Memilih Objek

Banyak objek di lingkungan sekitar kita yang dapat dijadikan sebagai objek penulisan teks deskripsi, seperti sekolah, tempat bersejarah, tempat wisata, tokoh terkenal, atau pentas seni daerah. Objek yang akan dijadikan sebagai sasaran penulisan teks harus ditentukan terlebih dahulu agar jelas dan terarah penggarapannya.

 

2.      Menetapkan Tujuan Deskripsi

Penetapan tujuan akan sangat membantu penulis dalam mengembangkan tulisannya dan dapat memberikan arah kepada penulis. Dengan menetapkan tujuan, penulis akan memperoleh gambaran objek yang akan ditulis dan membangkitkan semangat tersendiri dalam menyajikan data, gagasan, dan kesan melalui rangkaian kata-kata menarik dan mengesankan.

 

3.      Mengumpulkan Data

Satu kegiatan penting yang perlu dilakukan dalam mengumpulkan data, yaitu melakukan pengamatan. Melalui pengamatan, penulis akan mendapatkan data yang objektif sehingga lebih mudah untuk mengembangkannya menjadi sebuah teks deskripsi. Catatlah hal-hal penting, seperti suasana, aroma, kesan, suara, peristiwa, atau hal-hal lain yang dapat dirasakan ketika melakukan pengamatan.

 

4.      Membuat Kerangka Tulisan

Sebelum menulis, kita perlu menetapkan kerangka tulisan sebagai pedoman atau acuan dalam menggambarkan objek yang akan ditulis.

 

5.      Mengembangkan Kerangka Tulisan

Langkah yang tidak kalah penting dalam menulis teks deskripsi adalah mengembangkan kerangka menjadi sebuah tulisan yang utuh dan lengkap. Pengembangan kerangka tulisan akan menjadi lebih bagus dan menarik jika kamu berhasil melibatkan kepekaan perasaan dan imajinasi.

Perhatikan contoh berikut. (dapat kamu lihat pada lampiran yang sudah ibu lampirkan pada laman e-belajar)

 

6.      Menyunting Teks Deskripsi

Teks deskripsi yang baik tidak dapat diselesaikan dengan sekali jadi. Perlu ada langkah lanjutan untuk membaca ulang secara cermat sehingga bisa diketahui kekurangan-kekurangan yang masih ditemukan. Kekurang-kekurang tersebut harus segera diperbaiki sehingga teks deskripsi yang dibuat menjadi lebih baik dan menarik. Jadi, menyunting pada hakikatnya merupakan kegiatan mengedit, mengubah, atau merapikan susunan letak atau penggunaan bahasa sebuah naskah tanpa mengubah makna. Unsur-unsur teks yang perlu disunting adalah struktur teks dan kaidah kebahasaan.  Agar dapat menyusun teks sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku, kamu perlu menggunakan Kamus Bahasa Indonesia, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia sebagai rujukan.




(Sumber: Buku Marbi Kelas VII)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS NARASI (CERITA FANTASI)

MENJELASKAN ISI TEKS DESKRIPSI