MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS DESKRIPSI



1.  Pengertian Teks Deskripsi

      Saat ini kamu sudah menjadi bagian dari keluarga besar SMP 3.  Kamu pasti merasa bangga, bukan? Di sekolah inilah kamu akan melangkahkan jejak kaki untuk menggapai masa depan yang gemilang. Sekarang, coba kamu baca teks berikut dengan saksama.



                                                     Lingkungan Sekolahku yang Asri



   Sekolah baruku termasuk SMP favorit di kotaku. Setiap memasuki masa pendaftaran peserta didik baru, sekolah yang terletak di Kota Banda Aceh ini selalu diburu ratusan pendaftar. Dari sekian pendaftar, yang berhasil lolos dan diterima hanya separuhnya. Aku termasuk anak yang beruntung dapat diterima di sekolah ini.


   Sekolah baruku memang layak menjadi sekolah favorit. Bukan hanya prestasi akademiknya yang mentereng, melainkan juga lingkungan sekolahnya yang asri. Pepohonan hijau yang rindang tampak kokoh membatasi lingkungan sekolah dengan jalan. Di tembok pagar yang kokoh bertuliskan nama sekolah seakan ramah menyapa setiap orang yang melintasinya.


   Sekolah baruku tercinta, tempatku menimba ilmu, tak hanya cantik dan asri dari luar. Setelah memasuki pintu gerbang, pandangan akan segera jatuh pada taman bunga warna-warni yang subur dan tertata rapi. Bunga warna-warni yang bertaburan di taman menyemburkan aroma wangi. Selain itu, bunga-bunga gantung yang ditempel pada rak dinding tampak menjuntai dengan indahnya.


   Setelah melintasi sederet ruang yang begitu kokoh bercat putih gading, tampak lapangan sekolah yang biasa digunakan untuk kegiatan upacara atau kegiatan lainnya. Di sebelahnya ada lapangan olahraga yang biasa digunakan untuk bermain bulutangkis maupun futsal. Kibaran sang merah putih tampak bagaikan menjilat dinding langit dengan begitu perkasa. Lapangan yang menghampar luas beralas paving block seperti menjadi saksi beragam kegiatan anak-anak dalam berjuang menggapai masa depan.


   Demikian juga halnya dengan bangunan gedung. Sebagian gedung ada yang berlantai dua dan sebagian lagi ada yang berlantai tiga. Gedung sekolah ini berdiri dengan sangat kokoh. Kondisi ruang kelas yang selalu bersih, dindingnya juga dihiasi dengan pajangan hasil karya siswa yang tertata rapi dah indah. Kelas bersih, indah, dan nyaman membuatku semakin senang menimba ilmu di sekolah ini.

                                                                                                     (disadur dari Buku Marbi Kelas V)

 

     Bagaimana pendapat kamu setelah membaca teks deskripsi di atas? Sebuah gambaran sekolah yang menarik, bukan? Kamu pun bisa menggambarkan lingkungan sekolah yang baru dalam bentuk teks deskripsi. Nah, teks yang digunakan untuk menggambarkan objek tertentu, termasuk lingkungan sekolah, semacam inilah yang disebut sebagai teks deskripsi.

  Selain itu, kamu dapat membaca contoh teks deskripsi yang lain melalui tautan ini https://salamliterasibahasa.blogspot.com/2020/07/pesona-pantai-lampuuk-sumber-httpswww.html


     Ada berbagai macam tulisan yang berbentuk teks. Salah satunya adalah teks deskripsi. Jadi, sebenarnya apa sih, pengertian teks deskripsi itu?


     Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek atau keadaan tertentu dengan terperinci. Objek yang dimaksud dapat berupa keadaan alam, hewan, lingkungan, dan sebagainya. Pada contoh teks yang berjudul “Lingkungan Sekolahku yang Asri” objek yang dideskripsikan adalah lingkungan sekolah yang baru. Begitu juga pada contoh teks “Pesona Pantai Lampuuk” objek yang dideskripsikan adalah keindahan pantai Lampuuk.


     Teks tersebut bertujuan menggambarkan sebuah objek sehingga pembaca seolah-olah menyaksikan langsung objek dengan terperinci. Informasi dalam teks deskripsi mencakup hal-hal seputar objek yang dideskripsikan.


     Dengan kata lain, teks deskripsi merupakan teks yang berusaha memberikan informasi gambaran sebuah objek sejelas-jelasnya kepada pembaca sehingga pembaca seolah-olah ikut melihat, mendengar, atau merasakan seperti yang dialami penulis.



    Bagaimana, apakah kamu sudah paham mengenai pengertian teks deskripsi?  👍👍👍

Baiklah, kalau begitu kita lanjut membahas bagaimana, sih, cara mengidentifikasi informasi teks deskripsi dan bagaimana pula bentuk informasi dalam teks tersebut? Berikut penjelasannya.



2. Informasi dalam Teks Deskripsi

     Berdasarkan teks deskripsi “Lingkungan Sekolahku yang Asri”, untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada pembaca, penulis mendeskripsikan informasi umum tentang sekolah tersebut pada bagian pembuka. Informasi umum tersebut dideskripsikan lebih lanjut ke dalam beberapa bagian. Dengan cara demikian, pembaca akan memperoleh informasi gambaran objek sejelas-jelasnya mengenai suasana lingkungan sekolah baru yang dialami penulis.


    Anak-anak, secara umum, teks deskripsi berisi informasi berbentuk kalimat deskripsi, yaitu kalimat yang  berisi gambaran objek (benda) yang dideskripsikan. Gambaran objek (benda) bisa berupa lokasi, suasana, ukuran, warna, rasa, dan sifat-sifat fisik lainnya.  Kalimat deskripsi menggambarkan atau melukiskan sesuatu sehidup-hidupnya, seperti keadaan alam, ruang, atau keindahan wajah seseorang. 


      Dengan kata lain, kalimat deskripsi merupakan kalimat yang menggambarkan keadaan, bentuk, atau suasana tertentu, seperti benda, orang, tempat sesuai dengan objek sebenarnya. Perhatikan tabel di bawah ini.


Nah, sampai pada tahap ini sudah semakin paham, 'kan? Sekarang, kita lanjut membahas bagaimana sih, ciri objek, ciri tujuan, dan ciri isi teks deskripsi? Ayo, kita pelajari bersama.



3. Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi


Ciri Objek
     Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu.

      Coba perhatikan kembali empat contoh teks deskripsi sebelumnya. Setelahnya, mari kita daftar hal-hal atau objek yang dideskripsikan.

Ciri Tujuan
     Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis. Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/melukiskan secara rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/suasana/perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan. Mari kita daftar tujuan yang akan dicapai dari keempat teks deskripsi di atas.

Ciri Isi
  • Isi teks deksripsi terperinci menjadi perincian bagian-bagian objek
  • Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan wisata indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa, menggambarkan lingkungan keadaan sekolah yang nyamannya seperti apa)
  • Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur, kemolekan pantai)

Mari kita daftar ciri isi yang terdapat dalam keempat contoh teks dekripsi sebelumnya.



Wah, wah, wah Ibu yakin sekali kamu sudah hampir menguasai materi ini.  Masih semangat, 'kan? 👌👌👌 Selanjutnya, mari kita bahas jenis teks deskripsi.



4. Jenis Teks Deskripsi
     Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dll).

Teks Deskripsi Berdiri Sendiri
     Teks deskripsi yang berdiri sendiri merupakan teks yang mendeskripsikan benda atau manusia secara tersendiri dan bukan menjadi bagian dari teks yang lain. Berikut contoh teks deskripsi berdiri sendiri.

  Teks Deskripsi tentang Kelinci

Kelinci adalah hewan yang umum dijumpai di peternakan, masyarakat Indonesia sendiri telah mengenal kelinci sejak abad 18. Pada tahun 1972 ditemukanlah kelinci lucu yang pertama di indonesia tepatnya di pulau sumatra.

Kelinci tergolong kedalam kelas mamalia yang artinya memiliki darah panas yang mana berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Dalam sekali berkembang biak kelinci dapat menghasilkan 4 ekor anak sekaligus. Keistimewaan dari kelinci adalah gigi mereka akan terus tumbuh selama mereka masih hidup.

Sebenarnya kelinci dapat ditemukan di berbagai belahan dunia seperti di benua Eropa dan Afrika, Hewan lucu nan menggemaskan ini memiliki habitat dan tempat tinggal di hutan hujan dan sabana. Namun pada abad ini kelinci juga sudah mulai dibudidayakan untuk diambil manfaatnya.

Secara umum kelinci dapat dibagi menjadi dua jenis yakni. Kelinci liar dan kelinci hias atau peiharaan. Sedangkan menurut rasnya kelinci dapat dibagi menjadi berbagai jenis seperti anggora, marmut, australian dan lain sebagainya. (sumber: google.com)

Teks Deskripsi yang Menjadi Bagian dari Teks yang lain       

     Teks deskripsi yang menjadi bagian dari teks yang lain merupakan teks deskripsi yang terdapat pada bagian teks yang lain (lagu, cerpen, novel, puisi, dll)

 Untuk contoh teks deskripsi  yang menjadi bagian dari teks lain, kamu dapat melihat contoh teks tersebut pada buku paket bahasa Indonesia yang kamu miliki di halaman dua.

Sekarang kita sudah sampai pada tahap akhir tujuan pembelajaran kita, yaitu dapat menyimpulkan ciri penggunaan bahasa pada teks deskripsi.


5. Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi

Teks deskripsi menggunakan sinonim kata yang bermakna khusus (legam, biru toska, putih jernih, molek, permai).

Mari kita cari kata khusus pada teks deskripsi yang dicontohkan pada bagian sebelumnya!

Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan.

Mari secara bersama kita daftar kalimat perincian yang menjelaskan kalimat lain yang lebih umum pada teks deskripsi sebelumnya.


Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi yang Kuat
     Pilihan kata dengan emosi yang kuat adalah pilihan kata yang tercipta dengan kesan yang dramatis dan lebih ekspresif. Coba perhatikan tabel berikut.

Menggunakan Majas
    Teks deskripsi menggunakan majas perbandingan untuk menggambarkan/melukiskan objek. Majas adalah gaya bahasa atau bahasa kiasan yang berfungsi untuk memperindah kalimat yang dideskripsikan. Coba perhatikan tabel berikut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI

MENJELASKAN ISI TEKS DESKRIPSI

MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS NARASI (CERITA FANTASI)