LATIHAN MENJELASKAN ISI TEKS DESKRIPSI

SEKOLAHKU YANG BESAR DAN HIJAU

 

Sekolahku tergolong sekolah yang sangat besar dan hijau. Sekolahku terletak di tengah kota dan dibangun di atas lahan seluas dua hektare. Meskipun terletak di tengah-tengah kota, suasana di sekolahku tidak sama dengan suasana yang ada di perkotaan. Sekolahku sangat sejuk karena memiliki banyak sekali pepohonan hijau yang rimbun di dalamnya. Pohon yang sangat banyak tersebut membuat udara di sekolahku terasa sangat sejuk dan segar. Udara yang masih segar membuat kami bersemangat untuk belajar setiap hari di sekolah.

Sekolahku memiliki gedung-gedung yang cukup besar. Gedung-gedung tersebut disusun sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jika kita memasuki pintu gerbang utama, kita akan melihat sebuah gedung yang sangat besar. Gedung itu adalah tempat kerja para guru dan staf sekolah kami. Selain itu, di sana juga terdapat ruang tunggu untuk para tamu yang dilengkapi dengan fasilitas televisi dan pendingin ruangan.

Setelah melewati gedung utama dan masuk lebih ke dalam lagi, kita akan menjumpai ruang-ruang kelas yang berbaris. Ruang-ruang tersebut dibangun mengelilingi tiga buah lapangan, yaitu lapangan upacara, basket, dan futsal. Jika kita berdiri menghadap tiang bendera, ruangan-ruangan yang berada di sebelah kanan merupakan lokal kelas. Selain memiliki gedung-gedung yang lengkap, sekolahku juga memiliki kantin yang sangat luas. Kantin-kantin kami sangat bersih, tersusun dengan sangat rapi dan permanen. Kita bisa menemukan berbagai macam makanan ringan ataupun makanan berat, seperti soto, bakso, mie ayam, dan masih banyak lagi.

Apabila dilihat dari atas, sekolahku berbentuk persegi panjang dengan dipenuhi oleh pepohonan yang sangat rindang. Oleh karena itu, sekolahku merupakan sekolah yang sangat luas dan hijau.

sumber: Buku Marbi Erlangga Kelas VII

 

Latihan

1.      Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu terhadap teks.

a.       Teks di atas membicarakan tentang apa?

b.      Berapa luas bangunan sekolah?

c.       Deskripsikan perbedaan suasana sekolah dengan suasana perkotaan sesuai dengan isi teks.

d.      Berdasarkan is teks, lapangan apa sajakah yang terdapat pada sekolah tersebut?

e.       Deskripsikan gedung-gedung sekolah sesuai dengan isi teks.

2.      Buatlah pemetaan isi teks berdasarkan informasi yang telah terindentifikasi.



 

Catatan:

Pahami video langkah-langkah dalam menjelaskan isi teks deskripsi sebelum mengerjakan latihan ini.  Buatlah pemetaannya semenarik mungkin, kamu dapat mewarnainya agar lebih menarik.

 

Selamat mengerjakan

Bu Kiki

                   

Komentar

  1. Sekolahku memiliki gedung-gedung yang cukup besar. Gedung-gedung tersebut disusun sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jika kita memasuki pintu gerbang utama, kita akan melihat sebuah gedung yang sangat besar. Gedung itu adalah tempat kerja para guru dan staf sekolah kami. Selain itu, di sana juga terdapat ruang tunggu untuk para tamu yang dilengkapi dengan fasilitas televisi dan pendingin ruangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Fahri, mohon mengirimkan jawaban pada laman e-belajar ya nak.

      Hapus
  2. a.TENTANG. sekolah yang hijau
    b. 2 Hektare
    c. meskipun berada ditengah perkotaan, namun sekolahnya sangat sejuk karena banyak pepohonan hijau dan rimbun.
    d.ada 3 lapangan yaitu, lapangan Upacara, lapangan Basket dan Lapangan Futsal.
    e.gedung sekolah sangat besar, terdapat beberapa gedung, didepan pintu masuk terdapat gedung besar untuk ruang Guru dan Staf sekolah. dan terdapat ruang tunggu yang dilengkapi dengan pendingin ruangan. terdapat gedung belajar siswa yang besar dan berbaris rapi.selain ruang kelas juga terdapat kantin yang bersih dengan makanan dan minuman yang sehat. terdapat juga lapangan upacara, lapangan bola basket dan lapangan futsal.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI

MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS NARASI (CERITA FANTASI)

MENJELASKAN ISI TEKS DESKRIPSI