MENJELASKAN ISI TEKS DESKRIPSI

Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi

     Isi merupakan bagian utama dalam sebuah teks. Demikian juga halnya dengan teks deskripsi. Dalam teks deskripsi, penulis berusaha menyampaikan isi teks deskripsi kepada pembaca melalui gambaran sebuah objek secara jelas dan rinci. Gambaran teks disampaikan penulis dengan menggunakan kalimat deskriptif sehingga mampu memberikan efek emosional tertentu kepada pembaca. 
     Untuk lebih memahaminya, bacalah teks berikut ini.

KANTIN SEKOLAHKU

 

sumber: google.com

       Kantin sekolah merupakan sarana sekolah yang melayani kebutuhan makan dan minum bagi sisiwa. Tanpa kantin sekolah, para siswa akan mencari makanan atau minuman dari luar sekolah sehingga bisa menganggu kelancaran proses pembelajaran. Sekolahku memiliki beberapa kantin yang sangat setia melayani kebutuhan para siswa. Pada jam istirahat, kantin tak pernah sepi.

     Kantin sekolahku terletak di bagian tengah sekolah di sisi sebelah utara. Setiap kantin di sekolahku dinamai dengan nama-nama bunga. Kantin yang terletak di ujung barat dinamai kantin Melati. Kantin ini berjualan nasi pecel dan beberapa jajanan dan minuman. Kantin di sebelahnya, yaitu kantin Mawar, berjualan aneka jenis gorengan dan minuman. Di sebelahnya lagi, kantin Alamanda yang berjualan bubur kacang hijau dengan beberapa kue seperti pisang dan ubi goreng.

     Kantin-kantin di sekolahku terlihat bersih dan tertata rapi. Semua makanan tertutup dengan plastik transparan agar tidak dihinggapi lalat. Aroma khas makanan menyebar dari sudut-sudut kantin menerbitkan liur untuk mencicipi. Rasanya aku ingin bisa menikmati semua yang ada di semua kantin.

 

Sumber (Buku Marbi Kelas VII)











































Dalam menjelaskan isi teks deskripsi tentu ada langkah-langkah yang harus kamu ketahui. Untuk mengetahui langkah-langkah dalam menjelaskan isi teks deskripsi, kamu dapat menyimak video pada tautan ini  Video Pembelajaran Menjelaskan Isi Teks Deskripsi

Komentar

  1. Dalam menjelaskan isi teks deskripsi tentu ada langkah-langkah yang harus kita ketahui. Untuk mengetahui langkah-langkah dalam menjelaskan isi teks deskripsi, kamu dapat menyimak video yang disediakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Fahri, mohon mengrimkan jawaban pada laman e-belajar ya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI

MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS NARASI (CERITA FANTASI)