Contoh Teks Deskripsi


PESONA PANTAI LAMPUUK

                                    (sumber: https://www.pantainesia.com/pantai-lampuuk)

 

Pantai Lampuuk merupakan salah satu wisata pantai andalan yang terletak di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Pantai ini memiliki air yang sangat jernih berwarna biru kehijauan disertai dengan ombak yang cukup besar dan cocok untuk berselancar.

Setiap akhir pekan atau hari libur, pantai Lampuuk sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Pantai Lampuuk menawarkan keindahan pemandangan yang sangat menakjubkan. Maka tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai Lampuuk. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang indah tersebut dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menaiki banana boat atau speedboat untuk berkeliling pantai dan menikmati hempasan ombak.

Selain itu, menikmati terik matahari di pantai berpasir putih, melihat sunset di sore hari dan berselancar di ombak laut yang biru, tidak hanya bisa dinikmati di Bali. Aceh punya pantai Lampuuk yang memiliki semua kelebihan itu.

Pantai Lampuuk memiliki garis pantai sepanjang sekitar lima kilometer. Pantai ini berpasir putih bersih nan lembut, air laut berwarna biru kehijauan, dan ombak yang bersahabat untuk para peselancar. Ke arah daratan terdapat pepohonan pinus yang rimbun dan lebih jauh lagi terlihat deretan pegunungan yang hijau yang menyejukkan mata.


(disadur dari travelkompas.com)



PARANGTRITIS NAN INDAH

    Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.


    Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok. 

    Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.

(Sumber: Buku Bahasa Indonesia kelas VII Kemendikbud 2016)




                                         Corona, Si Virus Berbahaya

    Virus corona merupakan keluarga virus yang menaungi SARS-CoV-2 yang terjadi saat ini, SARS-CoV pada 2002, dan MERS-CoV pada 2012. Kata corona sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti mahkota. Bentuk virus corona menyerupai mahkota. Sedang penyakit yang disebabkan SARS-CoV-2 disebut Covid-19, akronim dari coronavirus disease 19.

    Corona bentuknya sangat cantik hampir menyerupai mahkota yang dikelilingi bunga merah. Akan tetapi, dibalik bentuknya yang cantik Corona menyimpan virus yang mematikan. Virus mematikan tersebut dapat menginfeksi manusia ketika tangan yang terkontaminasi oleh virus menyentuh wajah, seperti mulut, hidung, dan mata. 

        Corona mempunyai perilaku yang unik. Dia tidak akan menyerang tubuh manusia yang memiliki imun tubuh yang kuat. Sebaliknya, dia akan menyerang manusia yang memiliki imun tubuh yang lemah. Virus corona yang tidak dapat dilihat oleh mata  membuat banyak pihak kewalahan. Ukurannya yang hanya sebesar 1 per 600 satu helai rambut manusia membuat virus Corona menjadi musuh yang dapat menyerang secara diam-diam. Maka, tak heran banyak orang menyebutnya musuh tak kasat mata.

    

(sumber: google.com)

(sumber:kompas.com)


Komentar

  1. -Pantai Lampuuk.
    Pantai Lampuuk menawarkan keindahan pemandangan yang sangat menakjubkan. Maka tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai Lampuuk. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang indah tersebut dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menaiki banana boat atau speedboat untuk berkeliling pantai dan menikmati hempasan ombak.
    -Pantai Parangtritis nan indah

    Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.
    -Corona si virus berbahaya

    Virus corona merupakan keluarga virus yang menaungi SARS-CoV-2 yang terjadi saat ini, SARS-CoV pada 2002, dan MERS-CoV pada 2012.
    Kata corona sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti mahkota. Bentuk virus corona menyerupai mahkota. Sedang penyakit yang disebabkan SARS-CoV-2 disebut Covid-19, akronim dari coronavirus disease 19.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum buk saya mau tanya
    Ini nanti isinya dimana ya.....
    Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI

MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS NARASI (CERITA FANTASI)

MENJELASKAN ISI TEKS DESKRIPSI